cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
PRoMEDIA
ISSN : -     EISSN : 24609633     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL TENTANG PERMASALAHAN DAN ISU TERKINI DALAM PERKEMBANGAN KEHUMASAN SERTA MEDIA KOMUNIKASI. DITERBITKAN OLEH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA" : 6 Documents clear
Konsumerisme dan Media Digital Renanda Nugraha
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.893 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.108

Abstract

Kalau ada yang mengatakan bahwa kita semua adalah konsumen maka anggapan tersebut adalah benar. Kita telah menjadi pembeli berbagai macam barang untuk pemenuhan kebutuhan kita, baik itu barang primer ataupun sekunder. Dengan makin banyak iklan yang terpapar setiap hari melalui media yang membuat kita berkeinginan untuk membeli. Namun dari sekian banyak brand, tentu ada alasan mengapa kita membelinya. Alasan-alasan tersebut dapat dijelaskan melalui beberapa teori yang ada. Keywords: Konsumen, Media, Digital, Iklan
Hubungan Antara Perempuan, Tayangan infotainment dan Gratifikasi Emosi sri wahyuning astuti
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.788 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.109

Abstract

Televisi dengan segala program acaranya, hampir selalu mendapatkan penggemar fanatiknya. Mulai dari berita, tayangan infotainment hingga reality show. Untuk tayangan yang memiliki rating dan penggemar yang tinggi membuat stasiun televisi menciptakan acara yang sama, dengan sedikit polesan yang berbeda. Hal ini yang terjadi dengan acara infotainment. Acara yang mendapatkan rating tinggi ini secara gamblang mengupas gosip artis maupun public figur. Demi untuk mendongkrang rating, aib dan permasalahan keluarga bahkan diumbar atas nama infotainment. Meski banyak mendapatkan teguran baik dari Komisi Penyiaran Indonesia maupun dari Majelis Ulama Indonesia, namun bergosip dalam kemasan infotainment ini masih banyak digemari sebagain besar masyarakat Indonesia, atas nama hiburan atau sekedar iseng. Menonton Infotainment bagi para penggemarnya seolah menimbulkan “Gratifikasi emosi” atau kepuasaan emosi tersendiri. Sehingga tidak heran tidak ada hari terlewatkan tanpa menonton tayangan Infotainment.   Kata Kunci: Tayangan, Perempuan, Infotainment, Kepuasan
Pengaruh Tayangan Talkshow "Sarah Sechan"di Net. TV Terhadap Minat Menonton (Studi pada Mahasiswa Psikologi UNJ Angkatan 2013) Vemy Jumiartika; hamzah palalloi
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.105 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton  (Studi terhadap mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013) terhadap kebutuhan hiburan akan talkshow melalui perhatian (Attention), ketertarikan (Interest), hasrat menonton (Desire) dan tindakan menonton (Action). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Baskin mengenai jurnalistik TV dan Teori Morrison mengenai program talk show yaitu program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu yang dipandu oleh seorang pembawa acara (host). Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi berjumlah 100 mahasiswa dengan sampel berjumlah 50 mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013 yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha dan uji validitas menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013.sebesar 0,890 (89%), menunjukkan adanya pengaruh antara tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton mahasiswa UNJ. Kata Kunci: Pengaruh, Tayangan, Talkshow, Minat Menonton
Analisis Iklan Sales Promotion PT Telkomsel di Harian Kompas Periode Agustus - Desember 2013 galuh sukmaranti
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.606 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.110

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang tentunya tak pernah luput berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Komunikasi dilakukan baik secara langsung maupun tak langsung. Selain itu komunikasi yang efektif akan mempermudah tiap-tiap individu memahami pesan yang disampaikan. Dalam kegiatan bisnis tentunya komunikasi memegang peranan penting guna mencapai suatu tujuan tertentu. penelitian ini menyoroti kategori frekuensi dan popularitas promosi penjualan. Terdapat tiga jenis alat promosi penjualan yang digunakan pada iklan promosi penjualan yakni bingkisan, kontes, undian dan permainan, serta imbalan kesetiaan Kata Kunci: Iklan, Penjualan, Promosi
Regulasi Media di Indonesia (Kajian pada Keterbukaan Informasi Publik dan Penyiaran) itsna Khusna; nuning susilowati
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.987 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.111

Abstract

Regulasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengaturan. Regulasi di Indonesia diartikan sebagai sumber hukum formil berupa peraturan perundang-undangan yang memiliki beberapa unsur, yaitu merupakan suatu keputusan yang tertulis, dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang, dan mengikat umum. Regulasi juga merupakan segala yang mengatur kehidupan bersama selain itu regulasi juga mengatur etika. Regulasi Media adalah aturan-aturan dan kebijakan yang berkaitan dengan yang mengatur hubungan dan operasional media massa dan teknologi media. Regulasi sangat penting bagi keteraturan dan keseimbangan hubungan media dengan pemerintah, masyarakat, sesama industri media dan global media. Regulasi media diperlukan untuk membatasi pemberitaan dan penggunaan tekologi media akan terjadinya celah pelanggaran hukum saat regulasi tersebut tidak dibuat. Regulasi dibentuk oleh negara  yaitu oleh lembaga legislatif dan eksekutif sedangkan pengujiannya dilakukan oleh lembaga yudikatif. Kata Kunci: Regulasi, Media, Pemerintah, Masyarakat
Relasi Antara Opini Publik dan Media Massa (Pembentukan Opini Publik melalui Iklan Politik di MNC dan Metro TV) danang trijayanto
PRoMEDIA Vol 1, No 2 (2015): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.798 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v1i2.107

Abstract

Opini publik merupakan suara dari sekelompok orang yang bersifat umum menjadi permasalahan bersama. Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi perhatian bersama ketika sebagian besar masyarakat merasakan hal yang sama atau apa yang menjadi masalah sekelompok orang juga harus menjadi tanggung jawab yang perlu untuk diatasi dan ditemukan solusinya. Orang-orang yang berkedudukan sebagai elit politik dan memiliki kepentingan pada kekuasaan tentu membutuhkan massa yang menjadi unsur penting dalam mencapai tujuannya. Tujuan tersebut dicapai tentu dengan cara yang efektif dapat memberikan efek pada sejumlah kelompok masyarakat. Efek yang diharapkan adalah respon positif masyarakat sehingga respon tersebut menjadi dukungan bagi elit politik. Cara yang efektif tersebut adalah dengan dengan kampanye model media massa, yaitu menyampaikan gagasan-gagasan baik yang dianggap sebagai opini publik melalui iklan politik. Melalui paper ini, dijelaskan hubungan antara opini publik dan media massa, yang berfokus pada perkembangan kampanye melalui iklan politik melalui televisi. Kata Kunci: Opini Publik, Media Massa, Iklan, Politik

Page 1 of 1 | Total Record : 6